Mampir sejenak ke Desa Wisata Kopeng Salatiga

Perjalananku kali ini sungguh menyenangkan dan mungkin gak bakal aku lupain.. secara pergi sama pacarku. Tau sendiri kan…. Hehe.. Ceritanya si Luvilupy emang sengaja jauh-jauh dari bandung pengen berlibur ke Jogjakarta kebetulan tugas di kantor emang lagi sepi so, aku bisa mengambil hari  kapan aja buat menemani si Luvilupy., Perjalanan kami dimulai dari semarang. Sebelumnya seekor motor y*m*h*  m*o aku siapin buat nganterin nyampe jogja. “aku gak suka naik motor…!” sahut si Lupy.. Aku menyahutnya.. “udahlah sayang., sementara ini… kan pippy baru punya motor., Ga papa ya…. tahun depan naik mobil kalo pippy diangkat jadi direktur. Hehe….” dengan sedikit ngambek dan gak banyak-banyak cemberut akhirnya do’i bersedia,

Berangkatlah aku dan dia ke jogjakarta pagi-pagi. Rute yang sudah aku siapikan  dari semarang lewat ungaran-ambarawa-temanggung- jogja.  Tapi pas masuk ungaran karena melihat kondisi jalan yang cukup padat mengingat, dan menimbang kalo lewat rute itu pasti jalanan lagi rame2nya.. aku putuskan cari jalur lain yakni lewat kopeng. Masuk kota Salatiga terpaan udara masih terasa  sejuk karena emang masih belum terlalu siang. Masuk Kota Salatiga cari jalur yang menuju ke arah kopeng.  Jarak dari kota Salatiga ke Desa wisata Kopeng sekitar 14 km atau sekitar 54 km dari kota Semarang. Karena Motorku jenis matik yang notabene susah untuk diajak nanjak maka waktu yang aq tempuh sekitar 45 menit. Setelah hampi satu jam mengendarai sepeda motor sampailah di Desa Wisata Kopeng.

Desa Wisata Kopeng terletak di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Letak geografisnya berada di lereng gunung Merbabu, gunung Telomoyo dan gunung Andong di ketinggian 1450 m dari permukaan laut. Menyajikan panorama yang memikat dalam nuansa alam pedesaan dipadu dengan keindahan hamparan tanaman bunga dan sayuran membentuk suasana asri nan menyejukkan. Sesampainya disitu maksud hati ingin mendinginkan mesin motor yang udah panas dipaksa buat menanjak, sembari melepas letih aq beristirahat sejenak. Setelah buka perlengkapan touring seperti Helm, jacket, Sarung  tangan udara dingin khas pegunungan kopeng langsung terasa… wuuussshhh… Nikmat banget. So refreshing… Gak aq sia-siakankan juga untuk mengambil beberapa foto diatas Desa Kopeng..

Oyya.. Kalo Anda mampir ke Desa Wisata Kopeng, anda dapat menikmati wisata alam pegunungan, bunga, petik strawberi, berkuda, kerajinan, budaya dan kuliner. Wana wisata Kopeng juga punya beberapa lokasi ideal yang bisa digunakan buat rekreasi bareng keluarga, perkemahan, outbond dan acara rapat serta seminar pada institusi.

Di lokasi wisata Kopeng terdapat air terjun Umbul Songo (sembilan mata air). Konon, Umbul Songo merupakan mata air, yang ditemukan oleh para wali pada jaman Demak, untuk mencukupi kebutuhan akan air wudlu. Para wali ini kemudian bersama-sama berdoa memohon kepada Allah S.W.T untuk dimudahkan dalam memperoleh sumber mata air, guna keperluan berwudlu atau bersuci. Permohonan para wali dikabulkan dan keluarlah mata air yang debitnya sangat besar yang dinamakan Umbul Songo. Terdiri dari sumber mata air di sekitar Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng. Agar lengkap berjumlah sembilan buah, kemudian ditambahkan sumber air yang ada di sekitar Peng Jero dan Kali Sati.

Wisata alam Kopeng di lereng Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3150 m. Hawa dingin pegunungan mulai terasa ketika memasuki daerah wisata Kopeng. Semakin mendekat ke daerah Kopeng pengunjung akan mendapati perkebunan sayur-sayuran segar seperti wortel, kol, kentang, dan sawi.

Di daerah wisata Kopeng juga banyak villa-villa yang dilengkapi fasilitas TV dan air Panas, ruang pertemuan, ruang makan, bahkan dapur. Sehingga anda serasa seperti di rumah sendiri disertai halaman parkir yang cukup luas. Kita juga dapat leluasa menikmati hari-hari libur dan rekreasi.

Tentang indravaganza

Unique Me
Pos ini dipublikasikan di Paradiso. Tandai permalink.

8 Balasan ke Mampir sejenak ke Desa Wisata Kopeng Salatiga

  1. Wulan mayang abrilia sari berkata:

    Menarik juga ya informasi ini. Ternyata wisata kopeng indah ya, tapi kalau memamerkan foto jangan sambil pacaran terus ya! He.. He.. He..!

  2. Arjuna berkata:

    Wah, mantap. Jadi pengin main ke sana lagi nih…

  3. Slamet Luwihono berkata:

    Wah.. seneng ada teman2 yang memberi perhatian untuk desa-ku tercinta Kopeng..

  4. Fritzka Westermann berkata:

    Kak…kira-kira wisata kuliner di daerah kopeng apa saja, ya? Terima kasih sebelumnya.

  5. nopan berkata:

    akses transportasi umumnya apa?

  6. Amin Muslimin berkata:

    pengen ke kopeng tapi nggak punya temen disalatiga,,,,
    sapa yang mau jalan kekopeng bareng aku?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s